Senin, 10 November 2008

Bangun Rumah dengan biaya seadanya..!!

Membangun rumah dengan biaya seadanya memang sedikit menyulitkan, apalagi dengan kondisi zaman sekarang ......

Saya mempunyai satu masukan yang barangkali akan membantu teman-teman yang akan dan ingin membangun rumah tetapi tidak dengan biaya/dana yang besar.
hal-hal yang harus di perhatikan :

1. lokasi tanah yang akan kita bangun ? dekat jalan besar / masuk gang
2. bahan yang akan di gunakan?
3. fungsi ruangan yang akan dibangun?
4. perencanaan dan pengawasan yang benar!

a. lokasi tanah

lokasi sangat berpengaruh terhadap biaya yang akan kita keluarkan.., mengapa begitu? dikarenakan bila kita mempunyai sebidang tanah yang akan dibangun dalam posisi masuk gang tentunya kita akan mengeluarkan biaya lebih untuk ongkos angkut barang...kemungkinan besar 70% dari jumlah barang bangunan.

b. bahan

nah...yang kedua ini kita harus benar-benar memilih, karena bahan merupakan material yang akan berpengaruh besar. disini kita akan melihat bagaimana kita menggunakan bahan antara bahan yang cukup mahal ataukah hanya cukup dengan murah.
karena intinya kita ingin menciptakan rumah hanya dengan biaya secukupnya ...bagaimana kalau bahan yang digunakan bekas saja, tentunya tidak semua bahan material menggunakan bahan bekas. kita bisa memilih-milih item apa saja yang akan kita gunakan, seperti :

1. Kusen jendela
2. pintu
3. daun jendela
4. lantai keramik
5. bata merah
6. genteng
7. kaca

nah... contoh2 diatas mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan.

c. ruangan

besar ruangan biasanya/kebanyakan ditentukan oleh besarnya lahan, itu tidaklah menjadi masalah bila memang biaya/dana kita mencukupi...bagaimana kalau tidak mencukupi, mari kita lihat..ukuran dari ruangan- ruangan yang intinya saja :

1. ruang tamu 3 X 3
2. ruang keluarga 4 X 4
3. ruang tidur 3 X 3
4. Kamar mandi 1.5 X 2
5. dapur 2.5 X 3

ukuran ruangan-ruangan tersebut kita lihat memang tidak ada pengaruhnya..tetapi sebenarnya itu sangant menentukan juga, seperti halnya tinggi tembok dan plafond, ukuran -ukuran yang berada diatas tersebut merupakan standarnya kita membuat suatu rumah dengan ukuran biasa.
adapun cara yang lebih efektif lagi ..jangan terlalu banyak skatan dinding di dalam rumah kita,
karena dinding itu bisa menhabiskan bahan seperti cat, semen, pasir, bata, upah, dan juga bahan finishing.

d. perencanaan dan pengawasan

perencanaan menjadi kunci sangat besar dalam tekad untuk merenovasi atau membangun sebuah rumah, seperti halnya kita dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari yang tidak lepas dari perencanaan, pertama yang kita lakukan tentunya dengan mensurvei harga-harga, upah tukang, dan lamanya pembangunan..nah setelah itu terkonsep dengan baik dan pembangunan sudah dimulai baru kita lakukan pengawasan berkala pada pekerjaan yang sedang di laksanakan. keuntungan dari itu semua adalah tepat gunanya waktu dan biaya yang kita inginkan sebelumnya.

Tidak ada komentar: